Posts

Showing posts from January, 2017

Tugas NHW 1

Image
Terhitung tanggal 23 januari saya mulai mengikuti Program Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Rasanya senang sekali bisa diberi kesempatan belajar menimba ilmu dari ibu ibu hebat di IIP, yang memotivasi saya untuk menjadi lebih baik.  Pekan pertama saya belajar mengenai Adab Menuntut Ilmu. Saya diingatkan kembali dalam mencari ilmu kita perlu mengetahui dan melaksanakan adab-adabnya. Dalam program ini setiap pekannya saya diberi tugas yang diberi nama Nice Home Work .

Stimulasi tumbuh kembang 24 bulan sd 36 bulan

Image
Pagi tadi saat menemani duo k memilih buku yang akan dibaca,  mata emaknya berbinar-binar menemukan buku yang dari kemaren dicari,  buku catatan kecil jaman emaknya duo k masih single..  Buku catatan ini biasa saya pakai sebagai pedoman stimulasi tumbuh kembang duo k  Tanggal 1 februari nanti,  adik genap  berusia dua tahun. Di usia adik ini,  masih perlu diperhatikan stimulasi tumbuh kembang sesuai usianya dalam hal kemampuan gerak kasar,  kemampuan gerak halus,  kemampuan bicara dan bahasa,  dan kemampuan sosialisasi dan kemandirian Pedoman stimulasi nya saya ambil dari  buku Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar,  diterbitkan oleh Departemen Kesehatan tahun 2005..

Mengajak Batita Sikat gigi

Image
Semua orang pasti ingin memiliki gigi yang putih bersih dan sehat..  Gigi yang sehat mau makan apa aja bisa.. Bebas ngilu..bebas sakit gigi.   Siapa yang pernah sakit gigi?  Saya dari usia sd sudah merasakan sakit gigi  rasanya luar biasa.. Bisa dibayangkan bagaimana kalau batita sudah mengalami sakit gigi.. Dalam keadaan sehat saja suka tantrum,apalagi yang sedang sakit gigi pasti serba salah.. Nanti merembet ke masalah makan,  nafsu makan menurun karena malas mengunyah. Asupan  yang kurang bikin daya tahan tubuh menurun,  sehingga batita mudah sakit.. 

Asi itu unik

  Dalam ASI banyak hal yang membuat kita merasakan betapa besar CiptaanNya Komposisi asi dalam satu kegiatan menyusui tidaklah sama,  untuk memudahkan memahaminya dibagi menjadi asi awal dan asi akhir.  Asi awal ini asi yang pertama keluar jumlahnya lebih banyak dari asi akhir ,  kandungan protein,  laktosa dan gizi lainnya lebih baik dari asi akhir. Asi akhir jumlahnya lebih sedikit dari asi awal,  namun kandungan lemaknya lebih banyak dari asi awal.