NHW 5 ( Belajar bagaimana caranya belajar )


Nice Home Work ke lima kali ini membuat design pembelajaran ala saya. Saya jadi flashblack saat masih duduk dibangku sekolah dasar sampai S1 , saya adalah pembelajar visual, biasanya saya membaca buku dan membuat rangkuman materi yang harus saya kuasai, orientasi saya saat itu adalah hanya untuk mendapat nilai bagus. Pandangan saya berubah saat mengikuti program Profesi, ya saya lebih bersemangat belajar, gaya belajar saya tetap sama, yang berbeda adalah sistem pembelajaran yang lebih aplikatif dan saya menemukan tujuan baru dalam belajar bukan sekedar untuk mengejar nilai tapi berusaha untuk menguasai ilmu tersebut agar dapat diaplikasikan dengan baik.


Setelah saya mempelajari proses belajar saya sebelumnya di bangku pendidikan, saya dapat menikmati proses belajar setelah saya dapat memahami tujuan belajar ilmu tersebut, apakah manfaat mempelajari ilmu tersebut, dan bagaimana mengaplikasikannya.

Pada NHW sebelumnya saya memilih  ilmu parenting untuk saya pelajari di universitas kehidupan ini. Dan inilah design pembelajaran ala saya.

Ilmu yang dipelajari
Ilmu yang saya pelajari adalah ilmu parenting

Tujuan belajar
Saya mempelajari ilmu parenting agar dapat mendidik anak anak sesuai fitrahnya, membimbing mereka menjadi anak yang sholeh.

Karakteristik pembelajar
Saya ibu dari dua anak batita, tipe pembelajar visual, dan mempunyai hobi membaca

Materi yang harus dikuasai 
ilmu yang harus saya kuasai
  1. Bunda sayang : ilmu tentang tumbuh kembang anak, pengasuhan anak
  2. Bunda cekatan : ilmu tentang manajemen keluarga
  3. Bunda produktif : ilmu tentang membuat blog, menulis, kemandirian finansial
  4. Bunda shaleh : ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Sumber belajar

  • materi parenting yangu bersumber dari online maupun offline
  • berdiskusi

Metode belajar

metode belajar yang saya gunakan :
  • Menganalisis tema apa yang saya butuhkan
  • Mencari materi tentang hal itu
  • Aplikasikan
  • Evaluasi berkala

Strategi belajar
membuat rancangan belajar tiap bulan
Bulan ke 1 ( Maret 2017 )
  • Mempelajari tentang stimulasi tumbuh kembang anak usia 40 bulan dan 24 bulan.
  • Mempelajari mengenai tantrum
  • Mempelajari komunikasi produktif
Pelaksanaan
Melaksanakan rancangan belajar tiap bulan

Evaluasi
Melakukan evaluasi terhadap pembelajaran dengan melihat apakah materi yang dipelajari telah diterapkan dan bagaimana pelaksanaannya. Evaluasi ini dilakukan setelah satu bulan pembelajaran

Perbaikan
Setelah melakukan evaluasi diharapkan saya dapat melakukan perbaikan dalam pengaplikasian materi tersebut. 

Demikianlah design belajar ala saya. Terimakasih Institut Ibu Profesional , membuat saya lebih semangat belajar .







Comments

Popular posts from this blog

Stimulasi tumbuh kembang 24 bulan sd 36 bulan