Asi itu unik

 

Dalam ASI banyak hal yang membuat kita merasakan betapa besar CiptaanNya

Komposisi asi dalam satu kegiatan menyusui tidaklah sama,  untuk memudahkan memahaminya dibagi menjadi asi awal dan asi akhir. 

Asi awal ini asi yang pertama keluar jumlahnya lebih banyak dari asi akhir ,  kandungan protein,  laktosa dan gizi lainnya lebih baik dari asi akhir. Asi akhir jumlahnya lebih sedikit dari asi awal,  namun kandungan lemaknya lebih banyak dari asi awal.



Mengingat komposisi asi yang berbeda dalam satu kegiatan menyusui,  sebaiknya bayi yang sedang menyusu,  tidak boleh dihentikan,  biarkan bayi melepaskan sendiri,  agar bayi mendapatkan asi awal dn akhir secara utuh.

Berapa lama idealnya waktu menyusui,  ini beragam,  dari beberapa menit sampai setengah jam,  kalo lebih dari setengah jam atau kurang dari 4 menit,  kita perlu melihat kembali perlekatan bayi saat menyusu.  

Untuk ibu yang tandem nursing,  perlu diperhatikan mengenai teori asi awal dan akhir ini,  agar kedua nya mendapatkan apa yang dibutuhkan


Comments

  1. Setuju mba yosi. Asi itu banyak sekali manfaatnya ya. Ga bisa dibandingkan dengan apapun.

    Asi awal dan asi akhir. Bahasan yg menarik ini. Banyak moms muda yg ga betahan ngasi lama sehingga dedeknya ga dapat asi akhir. Ditunggu mba cerita lebih lengkap mengenai asi awal dan akhir ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resume seminar "NeuroParenting dr Amir Zuhdi"

Resensi buku " Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar Untuk Anak Balita "

DIY bead stair montessori