Tantangan 10 hari komunikasi produktif ( hari ke 1)

Senang sekali rasanya sudah masuk kelas bunda sayang. Materi pertama kelas bunda sayang mengenai komunikasi produktif. Materinya bisa diliat disini.
Pada game level 1 ini saya ingin berlatih terlebih dahulu mengenai komunikasi produktif terhadap anak, saya ingin fokus mengenai mengendalikan emosi.

hari ke 1
Pagi ini seperti biasa duo k ( kay 3y7m&kim 2y2m) , bangun pukul 04.00 pagi. Nemenin emak bapaknya sahur. Saat duo k bangun, semua pekerjaan domestik telah rapih biar saya bisa membersamai duo k dengan optimal, karena mbak yang biasa bantu beres beres sudah pulang kampung.
Duo k tipe anak kinestik . Kakak yang sedang dalam fase teenager dan adik yang sedang dalam fase terrible two terkadang membuat emaknya secara spontan menaikan nada suara 😥 ( maaf ya nak). Saat bangun pagi saya sudah bertekad untuk mengendalikan emosi dalam menghadapi duo k.  

"kak, bunda ke kamar mandi dulu ya,"
" iya bunda", kata kakak

Dari kamar mandi saya mendengar duo k tertawa tawa dan bilang berenang berenang bukunya berenang. Dan benar saja saat keluar kamar mandi ruang tengah penuh dengan air, rupanya adik menumpahkan air minum dan membasahi bukunya. Hampir saja saya mau menaikan intonasi suara, langsung teringat ayo belajar kendalikan emosi.. Saya diam sejenak tarik nafas



" kakak adek tolong bantu bunda ngepel tumpahan airnya ya, supaya tidak licin "


 "kakak pelin ya bunda", kata kay

Mungkin, kalau saya marah kakak tidak akan mengepel tumpahannya. Ya. Saya harus banyak belajar menata emosi dalam membersamai duo k.. Semangat, belajar lebih baik


#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip





Comments

Popular posts from this blog